11 Mei 2008

Tips Memilih PT

Berikut adalah Tips untuk melanjutan ke perguruan tinggi (PTN/PTS) setelah lulus SMA:

  1. Konsultasikan dan utarakan maksud anda untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi kepada Orang Tua, hal ini perlu mengingat biaya yang akan dikeluarkan selama anda duduk diperguruan tinggi lumayan besar, sebagai perkiraan saja: (untuk D1 = 1 - 5 Juta; D2 = 2 - 6 jt ; D3 = 5 - 10 jt ; S1 = lebih dari 7 juta tergantung kepada perguruan tinggi dan fakultas yang akan anda pilih, bahkan di beberapa PT untuk Kedokteran bisa mencapai 40 juta atau bahkan lebih
  2. Sesuaikan Minat dan Bakat, sesuaikan minat dan bakat anda dalam menentukan perguruan tinggi, hal ini penting sebab sebagian besar mahasiswa yang drop-out atau keluar dari PT adalah karena tidak mampu mengikuti perkuliahan dan merasa bosan, karena tidak berminat masuk perguruan tinggi tersebut.
  3. Pilih PT yang memiliki Jurusan yang Kita Inginkan, pemilihan ini bertujuan agar saat kita mendaftar kita tidak bingung memilih jurusan/program studi
  4. Pilih Lokasi PT yang tersedia, pemilihan lokasi ini diperlukan sebab akan menunjang keberlangsungan kuliah dan mood kita, seperti contoh seseorang memilih Jakarta karena akses informasi yang mudah, sebaliknya seseorang memilih Yogyakarta karena dianggap sebagai kota yang tenang dan sebagainya, selain itu pertimbangan biaya hidup juga harus kita perhitungkan, semisal Jakarta yang biaya hidup nya tinggi, maka lebih baik bagi yang tidak ingin mengeluarkan biaya besar hanya untuk pondokan dan makan bisa memilih kota-kota di Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur. saran saya buat yang ingin irit namun masih dapat akses informasi yang mudah bisa memilih Semarang atau Malang.
  5. Akreditasi & Izin, pastikan PTS yang kita pilih berikut jurusannya sudah memperoleh ijin opersional contoh ijin opersional: ada kode DO atau DT. jangan percaya pada PTS yang belum memiliki akreditasi atau minimal ijin operasional.
Sementara itu tips yang bisa saya sampaikan selanjutnya akan saya tambahkan beberapa tips lagi

0 komentar:

Posting Komentar